Pangdam I/BB : Membangun Karakter Jati Diri Prajurit Kodam I/BB Sebagai Prajurit Yang Kuat dan Profesional

57

Medantau – Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah mengingatkan seluruh komandan satuan di jajaran Kodam I/BB untuk kembali membangun karakter jati diri prajurit Kodam I/BB sebagai prajurit yang kuat dan profesional.

Hal ini disampaikan Pangdam saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam I/BB TA 2019, bertempat di Gedung Balai Prajurit, Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (4/3/2019).

Pangdam menjelaskan, kegiatan Rapim Kodam I/BB TA 2019 ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapim TNI dan Rapim TNI AD yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2018.

Rapim ini juga bertujuan untuk menyampaikan pokok-pokok kebijakan pimpinan, menyamakan visi dan persepsi pelaksanaan Program Kerja Tahun 2019 tentang pembinaan dan pengembangan kekuatan, kemampuan serta gelar kekuatan Kodam I/BB TA 2019.

“Sebagaimana tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, kegiatan Rapim Kodam I/BB TA 2019 ini akan diisi dengan evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA 2018 yang akan disampaikan oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin, SIP, MM serta penjelasan berbagai hal menonjol oleh Irdam I/BB dan para Asisten Kasdam I/BB, maupun materi tambahan lainnya,” jelasnya.

“Terkait dengan sasaran yang ingin dicapai pada Rapim Kodam I/BB TA 2019 ini, saya menekankan pentingnya kesatuan Komando sebagai prinsip dasar terpenting yang menjadi ciri khas organisasi militer,” imbuh Fadhilah.

Menurut Pangdam, hal ini penting dalam menghadapi tuntutan dan tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis. Seperti masih maraknya peredaran narkoba, radikalisme yang mengancam ke-Bhinneka-an maupun menghadapi situasi Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden RI yang memiliki potensi ancaman yang tidak kalah besarnya.

“Oleh karenanya, semua unsur pimpinan satuan di semua strata harus memiliki persepsi yang sama terhadap kebijakan dan langkah-langkah yang harus diambil dalam menghadapi situasi tersebut. Loyalitas tegak lurus harus senantiasa dipedomani, agar terbangun kesatuan langkah dan tindakan demi menjaga tetap tegaknya NKRI,” tegas Pangdam.

Dalam Rapim Kodam I/BB TA 2019 yang bertemakan “Dilandasi Profesionalisme, Loyalitas dan Kemanunggalan dengan Rakyat, Kodam I/Bukit Barisan Siap Mendukung Tugas Pokok TNI AD” ini, Pangdam meminta seluruh peserta agar benar-benar memahaminya sebagai sebuah visi yang harus dicapai dalam pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2019.

Di kesempatan yang sama, Pangdam juga menyampaikan hal-hal yang bersifat teknis yang turut dibahas secara lebih detail pada forum-forum rapat kerja teknis sesuai bidang masing-masing yang akan diselenggarakan setelah pelaksanaan Rapim ini.

“Saya berharap, melalui Rapim ini, kita semua dapat membangun kembali karakter yang kuat pada diri prajurit Kodam I/BB, sesuai dengan jiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, serta lebih adaptif pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga semakin profesional dan modern, namun tetap menjaga jati dirinya sebagai tentara rakyat yang senantiasa manunggal dengan rakyat,” tutupnya.