Mentri Pariwisata : Setengah anggaran Pariwisata harus dikucurkan untuk promosi

68

Jakarta- Mengingat menurunnya minat wisatawan asing maupun wisatawan lokal untuk berkunjung ketempat-tempat pariwisata nasional, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan perlunya untuk mengucurkan setengah anggaran pariwisata untuk promosi.

Saat peluncuran Calendar Of Event Danau Toba di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementrian Pariwista (Kemenpar), Arief Yahya mengatakan “Rule Of Thums sudah saya buat, kalau kamu punya uang satu miliar, Rp. 500 juta untuk acara dan Rp. 500 juta untuk promosi. Jadi promosi itu sepenting acara. Apalagi di tourism, apalagi di zaman sekarang kalau anda tahu ilmunya bahwa persepsi bisa sangat dibentuk oleh promosi. Jadi jangan pelit-pelit untuk investasi di promosi,” ujarnya, Senin (25/2) malam.

Pihak Kemenpar juga telah melakukan banyak inovasi yang dikemas menjadi lebih inovatif dan berkelas dunia dalam event-event periwisata nasional. Menurutnya, setiap event periwisata nasional harus dapat menarik minat wisatawan baik itu wisatwan asing maupun wisatawan lokal.

“Event itu harus kreatif dan berkelas dunia, sehingga mendatangkan wisman harus mendatangkan wisnus. Jadi semua event harus kelas dunia,” ungkapnya.

Dan ditambahkannya lagi bahwa event pariwisata tingkat nasional ataupun tingkat daerah harus memiliki nilai kreatif atau creative value. Agar kunjungan para wisatawan asing maupun wisatawan lokal dapat meningkat.