33,5 Kg Sabu dan 13.500 Butir Ekstasi Jaringan Internasional Gagal Edar di Medan

94

MEDANTAU-Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara berhasil menggagalkan peredaran sebanyak 33,5 kilogram narkotika jenis sabu-sabu dan 13.500 butir pil ekstasi jaringan internasional yang akan di edar di Kota Medan, Sumatera Utara.

Direktur Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara, Komisaris Besar Polisi Hendri Marpaung menjelaskan, penangkapan terhadap tiga tersangka dilakukan dari lokasi yang berbeda dengan barang bukti narkotika jenis sabu dan pil ekstasi.

“Berdasarkan laporan informasi dari masyarakat pada hari Jumat tanggal 22 Februari 2019 sekira pukul 07.00 wib, diketahui ada seseorang yang membawa narkoba. Lalu dilakukan pembuntutan dan berhasil menangkap tersangka berinisial JI,” kata Dirnarkoba Polda Sumatera Utara, Rabu (27/2).

Hendri Marpaung menjelaskan, dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa narkotika Jenis sabu seberat 26,5 Kilogram dan pil ekstasi total sebanyak 13.500 butir.

“Selain sabu-sabu, dalam mobil tersangka terdapat narkotika jenis pil ekstasi merk KENZO warna orange  sebanyak tiga bungkus kemasan Aluminium foil yang masing-masing berisi 4.500 butir,” ujarnya.

Sementara itu, dari hasil pengembangan, diketahui seseorang akan membawa narkoba menuju medan. Petugas Kepolisian dari Unit 4 Subdit II Ditresnarkoba Polda Sumut berhasil menangkap satu pelaku yang membawa narkoba berinisial S.

Dari tangan pelaku kembali diamankan barang bukti berupa satu bungkus plastik bertuliskan indomaret berisikan 5 lima bungkus  plastik kuning keemasan Guanyinwang berisikan Narkotika jenis sabu seberat 5 kilogram.

“Pada hari Minggu tgl 24 Februari 2019 sekira pukul 01.00 wib di Jalan Medan – Tanjung Morawa Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang tepatnya di luar pintu tol tanjung morawa dilakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki dengan inisial S,” ungkapnya.

Kemudian dilakukan pengembangan pada hari Minggu tanggal 24 februari 2019 sekira pukul 14.30 wib di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Bandar Senembah Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai, Sumatera Utara. tepatnya di pinggir jalan dilakukan penangkapan terhadap seseorang laki-laki dengan inisial VS.

“Dari pelaku VS ini diamankan barang bukti berupa satu bungkus plastik warna hitam berisikan dua bungkus  plastik kuning keemasan bertuliskan Guanyinwang berisikan Narkotika Jenis shabu seberat dua kilogram,” kata Hendri Marpaung.

Dari penangkapan terhadap pelaku, lanjut Hendrik, ketiganya menggunakan modus yang yakni dengan memasukkan narkoba kedalam karung dan plastik warna putih bertuliskan Malaysia.

“Tiga pelaku yang berhasil diamankan, dua pelaku dilakukan tindakan tegas terukur karena berupaya melarikan diri saat pengembangan,” tutupnya.